import java.io.BufferedReader; //untuk membaca data yang telah diinutkan dari keyboard import java.io.IOException; //untuk mengatasi error pada inputan import java.io.InputStreamReader;//program mengijinkan user untuk dapat melakukan inputan dari keyboard public class TV extends TURUNAN{/*pendefinisian turuanan class identifier extends superclass*/ String kecerahan; int pilihan; public TV(){ super(); //keyword turunan kecerahan=""; } public TV (String newChannel, String newVolume, String newModern, String newHidup, String newMati, String newKecerahan ){ super (newChannel, newVolume, newModern, newHidup, newMati); //pendefinisian variabel pada class TURUNAN yang diturunkan pada subclass TV kecerahan=newKecerahan; } public void setKecerahan(String newKecerahan){ kecerahan=newKecerahan; } public void getKecerahan(){ // return kecerahan; } public String tuString(){ String str= "CHANNEL :"+channel+"\n"+ "VOLUME :"+volume+"\n"+ "MODERN :"+modern+"\n"+ "HIDUP :"+hidup+"\n"+ "MATI :"+mati+"\n"+ "KECERAHAN:"+kecerahan+"\n"; return str; } public static void main(String[] args)throws IOException { BufferedReader br= new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); //inputan dari keyboard int a=1; //inisialisasi variabel do{ //proses perulangan System.out.println("\n\n== Pilihan : =="); System.out.println("1 : Channel"); System.out.println("2 : Volume"); System.out.println("3 : Modern"); System.out.println("4 : Hidup"); System.out.println("5 : mati"); System.out.println("6 : Keluar"); System.out.print("\nPilihan Anda : "); System.out.println("masukkan pilihan anda??"); int pilihan=Integer.parseInt(br.readLine()); switch(pilihan) { //proses pemilihan dalam program case 1: //pilihan jika dimasukkan angka 1 System.out.println("masukkan channel yang anda inginkan???"); String channel=br.readLine(); //proses baca data yang diinputkan dalam keyboard System.out.println("anda memilih channel:"+channel); break; case 2: System.out.println("masukkan volume yang anda inginkan????"); String volume=br.readLine(); System.out.println("volume channel sekarang:"+volume); break; case 3: System.out.println("masukkan modern yang anda inginkan???"); String modern=br.readLine(); System.out.println("anda sedang memilih:"+modern); break; case 4: System.out.println("apakah tv hidup???"); String hidup=br.readLine(); System.out.println("sekarang keadaan tv:"+hidup); break; case 5: System.out.println("apakah kondisi tv mati???"); String mati=br.readLine(); System.out.println("sekarang kondisi tv:"+mati); break; case 6 : System.exit(0); //menandakan program selesai jika pilihan angka 6 break; default:System.out.print("Pilihan Salah!"); } } while(a==1); test(); } }
Analisa program
Pewarisan adalah proses menciptakan kelasa baru dengan mewarisi karakteristik kelas yang telah ada, ditambah karakteristik unik kelas baru itu. Pewarisan adalah mekanisme ampuh yang memungkinkan kelas mewarisi fungsional kelas yang telah ada. Untuk mencipatakan kelas baru kita hanya perlu menspesifikasikan kelas itu berbeda dari kelas yang telah ada. Subclass mewarisi semua metode dan variabel superclassnya. Subclass adalam class yang mendapatkan pewarisan sifat dari superclassnya, sedangkan superclass merupakan class yang mewariskan metode maupun variabel pada subclass atau class turunannya. Cara untuk membuat kelas turunan adalah dengan kata kunci extends. Sintaks pendefinisian class yaitu:
Class identifier extends superclass {
classbody
}
Keterangan: identifier mengacu ke nama kelas turunan baru yang akan dibuat. Superclass mengacu nama kelas yang mewarisi, dan class body badan kelas baru. Bila kita ingin menurunkan superclass eksternal maka kita harus menggunakan kata kunci import.
Pada program diatas yang senjadi superclass adalah class TURUNAN dan yang menjadi subclassnya adalah class TV. Jadi nantinya class TURUNAN akan mewariskan metode dan variabel yang ada kepada class TV.
Hasil Program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar